Followers

logo

JANGAN BERPACARAN

"Janganlah kamu mendekati perzinahan, karena zina itu dalah perbuatan yang keji.." (Q.S. Al Isra:32)

Istilah pacaran yang dilakukan oleh anak-anak muda sekarang ini tidak ada dalam islam. Yang ada dalam Islam ada yang disebut "Khitbah" atau masa tunangan. Masa tunangan ini adalah masa perkenalan. Sehingga kalau misalnya setelah khitbah putus, tidak akan mempunyai dampak seperti putus setelah nikah. Dalam masa pertunangan keduanya bloeh bertemu dan berbincang-bincang di tepat yang aman, maksudnya ada orang ketiga mesipun tidak terlalu dekat duduknya dengan mereka.
Mengapa Pacaran itu Haram?
Karena pacaran itu membawa kepada perzinahan. Dimana zina adalah termasuk dosa besar dan perbuatan yang sangat dibenci oleh Alloh. Oleh karena itu ayatnya berbunyi demikian : "Janganlah kamu sekalian mendekati perzinahan, karena zina itu adalah perbuatan yang keji…"(Q.S Al-Isra:32)
Ayat tersebut tidak mengatakan jangan berzina, tetapi jangan mendekati, mengapa ?
Karena biasanya orang yang berizina itu tidak langsung, tetapi melalui tahapan-tahapan seperti : saling memandang, berkenalan, bercumbu kemudian berbuat zina yang terkutuk itu.
Pencegahan
Dalam hukum Islam umumnya, manakala sesuatu itu diharamkan maka segala sesuatu yang berhubungan dengan yang diharamkan itu diharamkan juga. Seperti minum arak, bukan hanya minumnya yang diharmkan tapi juga yang memproduksinya, yang menjualnya, yang membelinya, yang duduk bersama orang minum, dsb.
Demikian halnya dengan masalah zina. Oleh karena itu aka syari'at Islam memberikan tuntutan pencegahan dari perbuatan zina, karena Alloh Maha Tahu tentang kelemahan manusia.

  • Dilarang laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim untuk berdua-duaan. Nabi bersabda,"Apabila laki-laki dan perempuan yang bukan mahram erdua-duaan, maka yang ketiga adalah setan." Setan juga pernah mengatakan kepada nabi Musa as bahwa apabila laki-laki dan perempuan berdua-duaan maka aku akan menjadi utusan keduanya untuk menggoda mereka.
  • Harus menjaga mata atau pandangan. Sebab mata itu kuncinya hati. Dan pandangan itu pengutus fitnah yang sering membawa kepada perbuatan zina. Oleh karena itu Alloh berfirman,"Katakanlah kepada laki-laki mukmin hendaklah mereka memalingkan pandangan mereka (dari yang haram) dan menjaga kehormatan mereka. Dan katakanlah kepada kaum wanita hendaklah mereka (dari yang haram) dan menjaga pandangan mereka. Dan katakanlah kepada kaum wanita hendaklah mereka meredupkan mata mereka dari yang haram dan menjaga kehormatan mereka."(Q.S An Nuur:30-31)
  • Diwajibkan kepada kaum wanita untuk menjaga aurat mereka dan dilarang mereka untuk memakai pakian yang mempertontonkan bentuk tubuhnya, kecuali untuk suaminya. Dalam hadits dikatakan bahwa wanita yang keluar rumah dengan berpakaian yang mempertontonkan bentuk tubuhnya, memakai wangi-wangian baunya semserbak, memakai make up, dsb setiap langkahnya dikutuk oleh para malaikat dan setiap laki-laki yang memandangnya sama dengan berzina dengannya. Di hari qiamat nanti perempuan seperti itu tidak akan mencium bau surga (apalagi masuk surga).
  • Dengan ancaman bagi yang berpacaran atau berbuat zina. Mislanya Nabi bersabda,"Lebih baik memegang besi yang panas daripada memegang atau meraba perempuan yang bukan istrinya (kalau ia tahu akan berat siksaannya)."
  • Sebagaimana kita yakini sebagai seorang muslim bahwa segala sesuatu yang diharamkan oleh Alloh, mesti mempunyai dampak yang negatif di masyarakat. Oleh karena itu jalan keluarnya bagi anak-anak muda yang tidak kuat menahan
  • Kawin, supaya bisa menjaga mata dan kehormatan
  • Kalau belum siap, banyaklah puasa dan olah raga
  • Jauhkan mata dan telinga dari segala sesuatu yang akan membangkitkan syahwat.
  • Dekatkan diri dengan Alloh dengan banyak membaca Al Quran dan merenungkan artinya. Berdzikir, baca sholawar, sholat berjamaah di Masjid. Hadiri pengajian dan berkawan yang sholeh yang selalu mengingatkan kepada jalan yang lurus.
  • Dan ingat bahwa Alloh telah menjanjikan kepada para anak muda yang sabar menahan pacaran dan zina yaitu bidadari, yang kalau satu diantaranya menampakkan wajahnya ke alam dunia ini, setiap laki-laki yang memandanganya pasti akan jatuh pingsan.
(Nadirsyah:Perkawinan & keluarga No 400/2005)

Semoga artikel JANGAN BERPACARAN bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel JANGAN BERPACARAN ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kiat Keluarga Sakinah | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung