Followers

logo

ANAK-ANAK HOBY JAJAN? JANGAN DIANGGAP SEPELE!!!

Untuk menghindari hoby jajan pada anak, di bawah ini ada beberapa tips yang sederhana dan praktis yang mudah-mudahan bisa membantu :

  1. Sering-seringlah berdialog dengan anak secara bijak, tentang efek buruk dari makanan kemasan maupun makanan jajanan yang digelar di luaran. Baik soal kandungan yang terdapat dalam makanan kemasan maupun soal higinitas makanan jajanan "tradisional"
  2. dampingilah anak-anak ketika melihat tayangan iklan-iklan beragam makanan pabrik yang sangat bombastis di TV. Katakanlah pada mereka dengan bijak bahwa tidak semua makanan pabrik itu lebih unggul dari makanan asli (natural). Dan katakan pula tentang kemungkinan bahayanya jika keseringan mengkonsumsi makanan pabrik.
  3. Usahakan sejauh itu mampu dilakukan, ibu membuat penganan sendiri yang sederhana setiap hari. Atau sesekali mengajak anak-anak bertamasya dengan membawa bekal dari rumah.
  4. Kalaupun ingin memberikan uang jajan pada anak, berilah sepantanya sembari diarahkan utnuk tidak membeli makanan yang tidak terjamin kebersihan maupun kandungan gizinya.
  5. Berilah pujian atau hadiah bagi anak-anak yang disiplin, dalam arti tidak membelanjakan uangnya untuk membeli jajanan yang dilarang orangtua.
  6. Giatkan budaya menanbung dalam keluarga dan berilah penghargaan yang pantas bagi anak-anak yang paling rajin menabung.
  7. Mungkin sesekali anak-anak perlu diajak menengok anak-anak yang sakit akibat kekurangan gizi atau sakit akibat mengkonsumsi makanan pabrik secara berlebihan.
  8. Menggalang kegiatan rutin misalnya menggelar dialog kesehatan keluarga yang membahas tentang bahaya makanan pabrik bagi perkembangan pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Semoga artikel ANAK-ANAK HOBY JAJAN? JANGAN DIANGGAP SEPELE!!! bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel ANAK-ANAK HOBY JAJAN? JANGAN DIANGGAP SEPELE!!! ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kiat Keluarga Sakinah | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung