Followers

logo

MENGATASI ANAK SULIT MAKAN

Anak sulit makan biasanya mempunyai kecenderungan hanya memilih makanan yang itu-itu saja. Fenomena ini biasa disebut picky eater (pilih-pilih makanan). Berbagai upaya dilakukan sang anak untuk menunjukkan ketidaksenangannya, misalnya dengan cara mengemut-emut dan mempermainkan makanan, bahkan memuntahkannya.
Masalah pilih-pilih makanan ini dapat muncul secara psikologis, dan disebabkan oleh berbagai hal :
1. Anak meniru perilaku makan anggota keluarga. Anak yang tumbuh dalam lingkungan yang melakukan diet, cenderung menirukan perilaku tersebut. Begitu pula misalnya, bila kedua orangtua anak memilih hidup vegetarian, perilaku ini akan ditiru anak. Bila kebetulan pola makan yang dijalani orangtua "kurang sehat", pemenuhan gizi anakpun bisa terganggu.
2. Sikap orangtua yang terlalu memaksakan kehendak terhadap anak. Tentang apa yang harus dimakan dan porsi makannya. Contohnya perilaku orangtua yang mengharuskan anak untuk selalu menghabiskan makanannya. Maksudnya mungkin baik, tapi secara psikologis hal ini bisa mengakibatkan anak tertekan, karena anak juga ingin diakui egonya. Akibatnya, gizi anak tidak tercukupi dan pertumbuhan anak menjadi terhambat.
Perlu diigat : masalah makan bukan semata-mata persoalan gizi tapi juga unsur psikologis!
3. Orang tua mudah memberikan jajanan padat kalori seperti permen, minuman ringan, coklat dsb untuk menenangkan anak yang sedang rewel. Akibatnya, anak yang sudah mengkonsumsi makanan padat kalori akan merasa kenyang sehingga tidak mau makan lagi.
Beberapa cara yang bisa jadi panduan untuk mengatasi anak yang sulit makan :
1. Ciptakan suasana menyenangkan pada waktu makan. Jangan sampai muncul pemaksaan yang menimbulkan kesan bahwa saat makan merupakan saat yang menyebalkan atau menjengkelkan bahkan hukuman
2. Biasakan pula untuk mengadakan acara makan bersama. Anak senang melihat orang lain makan sehingga ia terangsang untuk makan lebih banyak.
3. Biasakan anak untuk makan sendiri alias mandiri. Anak balita yang biasa disuapi atau makan bersama pembantu boleh jadi akan hilang atau kurang nafsu makannya ketika ketika harus disuapi atau makan bersama ibunya.
4. Kembangkan susana sosial yang seimbang dalam rumah tangga sehingga si anak merasa dekat dengan semua anggota keluarga sehingga mau makan dengan siapa saja.
5. Jangan biasakan menuruti semua keinginan anak seperti memberikan permen, minuman/ makanan ringan, coklat, jely dan lain sebagainya.
6. Kembangkan sikap tegas, terbuka dan logis (bisa diterima akal sehat anak) ketika menolak permintaannya. Misalnya dengan mengatakan bahwa makan coklat bisa merusak gigi dan sebagainya. Anda bisa menawarkan puding buah susu.
7. Jangan membiasakan anak mengkonsumsi makanan pembuka atau selingan yang tinggi kandungan kalorinya menjelang waktu makan utama. Akibatnya, anak akan merasa kenyang sebelum waktu makan tiba.
8. Usahakan anak Anda mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Atau bisa juga dengan segelas susu, yogurt atau seiris keju sebagai pengganti minimal kebutuhan kalsium tubuh bagi pertumbuhan tulang dan gigi.
9. Biasakan anak selalu makan pagi, hal ini dapat menghindarkan kebiasaan jajan.
10. Biasakan memberikan bekal makanan ke sekolah. Berikan pengertian makanan yang dibawa lebih sehat dan bergizi daripada yang mereka beli di sembarang tempat.
11. Beri contoh positif pada anak. Anak-anak cenderung meniru kebiasaan dan tingkah laku orang-orang terdekatnya. Jangan pernah berharap anak mau menghentikan kebiasaan jajan jika setiap sore hari Anda sendiri tak pernah absen mencegat tukang mie ayam yang lewat di depan rumah.
12. Kalau memang tidak terpaksa, jangan biasakan anak membeli makanan siap saji. Makanan ini kurang seimbang komposisi kandungan gizinya lantaran terlalu banyak lemak dan kalorinya.
(Trisno Haryanto)
Semoga artikel MENGATASI ANAK SULIT MAKAN bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel MENGATASI ANAK SULIT MAKAN ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kiat Keluarga Sakinah | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung