Followers

logo

MENGENAL BAHAN PANGAN BERKHASIAT

Makanan yang tepat ternyata bisa meningkatkan kesehatan kita dengan cara menakjubkan. Tahukah Anda ada makanan tertentu bisa membantu memerangi stres, mengalahkan selulit atau menyembuhkan varises?
Berikut jenis-jenis makanan yang perlu dipilih demi kesehatan kita. Makanan tersebut bukan saja lebih sehat namun dengan menerapkan pola diet yang tepat, maka kitapun akan berhasil mengurangi kelebihan berat badan secara realistik.
1. Jahe
Jahe berkhasiat untuk mengatasi kedinginan, lelah, lesu, pilek, flu, kulit kering dan suram serta membantu memperbaiki peredaran darah yang kurang lancar. Untuk keluhan-keluhan tersebut, minumlah rebusan air jahe yang dibuat dari sekitar lima iris jahe kemudian dididihkan dengan api kecil. Dapat juga kita menyeduh jahe yang sudah dijadikan bubuk instan dan dapat diperoleh di pasaran.
Cara lainnya dapat juga engan memakan langsung sepotong kecil jahe yang segar maupun yang sudah matang. Khusus untuk pilek dan flu cobalah minum rebusan jahe dicampur madu dan perasan jeruk lemon. Jahe ternyata mengandung minyak esensial yang bisa menghangatkan badan serta bersifat anti bakteri.
2. Apel
Buah yang enak dimakan ini mampu mengatasi rasa sakit pada persndian dan reamtik. Caranya, tiga buah apel dicuci bersih lalu dicincang berikut kulitnya. Rebus selama 15 menit dalam air sekitar satu gelas. Lalu minumlah saat dingin.
Apel juga mampu melawan kolesterol, diare dan sakit perut. Untuk keluhan ini, kita bisa makan sekitar dua sendok yang telah dipanggang setiap jam sekali. Buah ini ternyata mengandung pektin dalam kadar yang tinggi. Pektin adalah semacam karbohidrat yang larut dalam air, yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Zat tersebut bekerja dengan cara "membersihkan" darah serta mencegah penyerapan kolesterol ke dalam darah.
Pektin dan tannin dalam apel juga mampu menghancurkanasam urea sebagai salah satu produk limbah tubuh. Selain itu, buah ini bersifat antiseptik dan mampu melwan infeksi saluran pencernaan.
3. Pisang
Buah yang amat dikenal dalam makanan sehari-hari ini ternyata baik untuk memperkuat tulang, meredam osteoporosis (kerapuhan tulang), depresi, stres dan mudah marah serta diare. Untuk keluhan tersebut, makanlah separuh buah pisang yang dihaluskan setiap jam sekali. Pisang amat baik untuk anak-anak dan orang tua karena amat mudah dicerna. Seperti halnya sumber gizi yang lainnya, pisang kaya akan kalsium, zat besi dan potasium sehingga mampu memperkuat tubuh dan melawan stres.
Pisang juga sumber vitamin B6 dan serat tertentu yang mampu menghalau racun dari sistem tubuh. Makanlah pisang yang telah matang, karena yang masih mentah sulit dicerna.

4. Bawang Putih
Khasiat bawang putih memang telah dikenal sejak lama. Selain berfungsi ebagai bumbu masakan, juga baik untuk mengatasi kedinginan, batuk, flu, asma, tekanan darah tinggi, selulit, gangguan peredaran darah, bengkak akibat cairan dan infeksi kandung kemih.
Bawang putih mengandung komponen sulfur dan iodin yang bersifat desinfektan dalam darah menjadi lancar. Bawang putih juga mampu berfungsi sebagai ekspektoran atau pengencer dahak.
Mengkonsumsi bawang putih secara teratur akan memperkuat sistem pertahanan dan sistem kekebalan tubuh. Proses pemasakan akan merusak sejumlah mineral yang terkandung dalam bawang putih. Maka makanlah satu atau dua siung bawang putih yang telah dicincang atau dimemarkan. Kunyahlah sedikit bubuk kopi untuk menghilangkan bau bawang putih setelah kita menelannya.
5. Minyak Zaitun
Minyak zaitun bisa diandalkan untuk mengobati sembelit (konstipasi) dan wasir. Minyak ini juga bisa menghaluskan kulit yang sensitif, kering dan suram, meringankan sakit pada sendi, sakit perut, keluhan pada hati, bisul, tekanan darah tinggi, varises, kadar kolesterol tinggi dan pembuluh darah yang pecah.
Mniyak yang tak jenuh ini mampu melumasi seluruh bagian tubuh dari dalam sehingga membantu memperlancar sistem pencernaan. Minyak zaitun juga kaya vitamin E yang dikenal sebagai perangkat antioksidan yang berkhasiat dan vitamin A.
6. Yogurt
Kita punya masalah dengan kulit dan jerawat ? Minumlah yogurt setiap hari. Yogurtpun ternyata bermanfaat untuk memerangi jamur dan sariawan, stres serta lekas marah.
Sejenis bakteri yang terdapat dalam yogurt yakni lactobacillus, membantu menciptakan keseimbangan bakteri yang secara alamiah hidup dalam perut kita. Lactobacillus juga mampu menghantam infeksi jamur seperti sariawan. Tak hanya itu, yogurt juga kaya sejumlah mineral penting seperti potaium. Potasium adalah sejenis mineral yang berperan penting dalam "memberi makan" sistem syaraf.
7. Oat
Makanan dari sejenis gandum ini memang kurang populer di Indonesia. Namun sekarang jenis makanan ini sudah dapat ditemui di pasaran dan biasanya dikonsumsi untuk sarapan pagi. Oat juga baik untuk mereka yang kadar kolesterol tinggi, memperkuat tulang dan gigi, baik untuk penderita diabetes, sembelit, stres, dan depresi. Oat mengandung serat, vitamin B kompleks dan mineral seperti kalsium, potasium dan magnesium. Yang kesemuanya sangat baik untuk sistem syaraf.
Makanan ini mampu "membersihkan" kolesterol dalam darah sehingga mush tubuh yang satu ini bisa melewati sistem pencernaan tanpa diserao oleh tubuh. Kendungan silikonnya juga mampu mempertahankan kesehatan pada dinding pembuluh darah arteri. Jika memungkinkan, gantilah menu sarapan kita dengan bubur oat setiap pagi.
Nah, kini kita bisa saja memilih satu atau dua jenis makanan untuk mengobati penyakit tertentu. Namun tentunya tidak ada salahnya jika kita memasukkan seluruh makanan tersebut ke dalam daftar belanja pada setiap pekan. Sehingga setidaknya kita bisa mengkonsumsi satu jenis diantaranya setiap hari. Tentunya jangan lupa pula untuk berkonsultasi pada dokter gizi.
(Dari berbagai sumber)
Semoga artikel MENGENAL BAHAN PANGAN BERKHASIAT bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel MENGENAL BAHAN PANGAN BERKHASIAT ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kiat Keluarga Sakinah | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung