Followers

logo

10 CARA BERBAKTI PADA IBU BAPAK

Berbakti kepada ibu bapak termasuk amal yang dicintai oleh Alloh SWT. Diterangkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim bahwa Ibnu Abbas bertanya kepada Rosululloh SAW,"Apakah amal perbuatan yang dicintai Alloh?" nabi menjawab,"sholat tepat pada waktunya." Tanya Ibnu Abbas,"Kemudian apa?" jawab nabi,"Berbakti pada kedua orangtua." "Lalu apa lagi?" Sabda Rosul SAW,"Berjuang menegakkan agama Alloh."
Karena berbakti kepada ibu bapak merupakan perintah dari Alloh SWT dan amal yang dicintai-Nya, maka Alloh menjanjikan pahala bagi yang melaksanakannya.
Berbakti kepada ibu bapak, juga akan mendatangkan keuntungan secara langsung kepada diri kita. Paling tidak keduanya akan menyayangi kita. Jika mereka menyayangi kita, insya Alloh segala permintaan kita kan dikabulkan selama masih dlam batas kemampuan mereka. Selaian itu isnya Alloh mereka akan mendoakan agar Alloh senantiasa melindungi kita dan kita dapat meraih sukses dalam menjalani kehidupan ini. Bukankah doa orangtua terhadap anak-anaknya enantiasa dikabulkan oleh Alloh SWT.
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjdi anak yang berbakti kepada orangtua antara lain :
 Memandang ibu bapak dengan penuh kasih sayang
 Mendengarkan setiap tutur kata atau nasehat ibu bapak dengan penuh rasa hormat
 Bicara dengan mereka secara sopan dan tidak berbelit-belit
 Membantu pekerjaan rutin orangtua, jika kita mmapu atau tidak pernah menolak jika salah satu diantara mereka minta tolong
 Menjaga nama baik orangtua di masyarakat
 Menggantikan orangtua berhaji
 Menampung mereka di rumah kita
 Bersedekah atas nama mereka
 Melaksanakan nadzar mereka
 Mendoakan dan melanjutkan hubungan baik atau memuliakan karib kerabat orangtua
Sepuluh langkah di atas hanyalah sebagian diantar sekian banyak cara untuk berbakti pada ibu bapak. Dan kemungkinan besar pembaca akan menemukan cara yang lain. Yang jelas, berbakti kepada orangtua merupakan suatu kewajiban. Nah, kalau memang demikian kenapa tidak kita lakukan dari sekarang?
Semoga artikel 10 CARA BERBAKTI PADA IBU BAPAK bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel 10 CARA BERBAKTI PADA IBU BAPAK ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kiat Keluarga Sakinah | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung